Kontak Utama

  • Jalan Imam Bonjol No.430, Pontianak
  • +62 561 769999

Kontak Wilayah I

  • Jalan 28 Oktober, Pontianak
  • +62 561 881038

Kontak wilayah II

  • Jalan Kom Yos Sudarso, Pontianak
  • +62 561 774044

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis : 07.30 - 14.00
  • Jumat : 07.30 - 10.00 , 13.00 - 14.00
  • Sabtu - Minggu : Tutup

Perumdam Tirta Khatulistiwa Raih Peringkat 10 Kinerja Terbaik Skala Nasional *Kategori Jumlah Pelanggan > 100.000

Perumdam Tirta Khatulistiwa Raih Peringkat 10 Kinerja Terbaik Skala Nasional  

*Kategori Jumlah Pelanggan > 100.000

 

Pontianak, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa Tahun 2022 ini menorehkan pencapaian kinerja terbaik ke- 10 dari 389 BUMD Air Minum dengan kategori BUMD jumlah pelanggan di atas 100.000. Hal itu berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2022 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dirjen Cipta Karya Direktorat Air Minum.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa, Ardiansyah, SE dikonformasi mengenai hal ini membenarkan hal tersebut. Dikatakannya berdasarkan penilaian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa mendapatkan penilaian kinerja yang sangat baik. “Secara nasional dari 389 BUMD Air Minum, Perumdam Tirta Khatulistiwa mendapatkan peringkat ke-26 dengan nilai kinerja 3,72 dengan penilaian BUMD SEHAT dengan jumlah pelanggan sebanyak 142.119 pelanggan,” ujarnya.

Untuk kategori jumlah pelanggan yang melebihi 100.000 pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa bahkan memperoleh peringkat ke 10, “Untuk kategori ini Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa bahkan memperoleh peringkat ke-10, sedangkan peringkat 1 diraih oleh Perumdam Tirta Kanjurahan Kabupaten Malang dengan nilai kinerja 4,72”, jelas Ardiansyah.

Berdasarkan peringkat yang dikategorikan wilayah, dimana Kalimantan Barat masuk dalam kategori wilayah III (Pulau Kalimantan dan Sulawesi), Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa masuk dalam peringkat 3 BUMD dari 119 BUMD. “Kalau dari kategori pembagian wilayah, yang mana Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa masuk dalam kelompok Wilayah III, dari 119 BUMD Air Minum, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa meraih posisi ke-3, dengan posisi pertama di raih oleh Perumdam Tirta Apa’ Mening Kabupaten Malinau Kalimantan Utara dengan nilai kinerja 3,87 dan posisi ke-2 diraih oleh PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin dengan nilai kinerja 3,80,” ungkap Ardiansyah.

Managemen disebutkan Ardiansyah sangat bersyukur atas kinerja yang diperoleh Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa, “Kinerja ini bukanlah kinerja Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa semata, dukungan semua pihak, karyawan, seluruh masyarakat Kota Pontianak, pelanggan sangat penting sehingga Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa dapat meraih kinerja ini,” ungkapnya lagi.

Managemen juga mengucapkan terimakasih atas dukungan serta bimbingan yang diberikan Walikota Pontianak selaku KPM, Ketua DPRD Kota Pontianak, Wakil Ketua, Komisi III serta Anggota DPRD Kota Pontianak, Sekretaris Daerah Kota Pontianak selaku Pembina, Dewan Pengawas, para stake holder, lembaga konsumen serta banyak pihak lainnya yang mendukung sehingga kinerja Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa terus membaik.

“Kami sadar bahwa masih banyak yang perlu kami benahi, dengan adanya capaian kinerja ini menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk terus memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi ke depannya kepada pelanggan dan bagi masyarakat Kota Pontianak,” ucap Ardiansyah.

Berdasarkan buku kinerja BUMD Air Minum Tahun 2022 tersebut, tujuan penyusunan  buku kinerja tersebut sebagai gambaran kondisi kinerja BUMD Air Minum secara holistik kepada seluruh pemangku kepentingan terkait capaian kinerja dari 389 BUMD Air Minum yang laporan keuangannya telah diaudit oleh Konsultan Akuntan Publik (KAP) atau belum diaudit tapi telah memiliki laporan keuangan. Gambaran kinerja tahun ini merupakan hasil evaluasi kinerja BUMD Air Minum berdasarkan Tahun Buku 2021.

Secara prinsip penilaian kinerja dilakukan terhadap 4 (empat) aspek yaitu Keuangan, Pelayanan, Operasional dan Sumber Daya Manusia. (luh).