Contact WhatsApp

Kontak Utama

  • Jalan Imam Bonjol No.430, Pontianak
  • +62 561 769999

Kontak Wilayah I

  • Jalan 28 Oktober, Pontianak
  • +62 561 881038

Kontak wilayah II

  • Jalan Kom Yos Sudarso, Pontianak
  • +62 561 774044

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis : 07.30 - 14.00
  • Jumat : 07.30 - 10.00 , 13.00 - 14.00
  • Sabtu - Minggu : Tutup

Sosialisasi Pelayanan Air Minum, Camat Pontianak Utara Minta Warga Menghemat Penggunaan Air

Sosialisasi Pelayanan Air Minum, Camat Pontianak Utara Minta Warga Menghemat Penggunaan Air

 

Pontianak, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa mulai melaksanakan Tahapan Sosialisasi (13/07) setelah sebelumnya melakukan Jumpa Pers Kamis (07/07) bertempat di Aula Lt. III Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa terkait Pelayanan Air Minum di Kota Pontianak.

Dalam Sosialisasi tersebut di mulai dari Wilayah Kecamatan Pontianak Utara, dengan hadirnya Camat Pontianak Pontianak Utara, Dini Eka Wahyuni mengatakan bahwa air yang bisa digunakan sangat terbatas, sehingga sejak dini kita diedukasi hemat menggunakan air. Air sebagai sumber daya strategis, butuh pengolahan sebelum didistribusikan kepada seluruh warga, tentu dengan dana operasional yang cukup besar, maka perlu adanya penyesuaian terhadap tarif untuk pengelolaan operasional agar kinerja dari PDAM juga semakin membaik. Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa memberikan perhatian yang besar kepada masyarakat di Kecamatan Pontianak utara, tidak hanya pendistribusian air namun juga memberian pemasangan rekening air bersubsidi (MBR).

Diakhir sambutannya, Camat Pontianak Utara berharap agar peserta sosialisasi dapat menjadi perpanjangan tangan untuk memberikan informasi secara baik dan objektif kepada warga dan keluarga di lingkungan sekitar.

Selanjutnya, dalam sambutan Direktur Pelayanan, Wawan Hari Purnomo mengatakan dalam kegiatan ini tidak hanya sosialisasi namun juga berdiskusi memberikan ide, saran maupun evaluasi terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa. Dengan jumlah pelanggan kini mencapai 142.200, Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa memiliki target pelayanan 100% ditahun 2024 mendatang, maka dari itu perlu perbaikan kapasitas sehingga dapat memenuhi pelayanan dengan lebih baik. Ditahun 2022 cakupan pelayanan sudah mencapai 87%, sisa 13% warga Kota Pontianak yang harus dilayani dengan perluasan jaringan perpipaan yang tentu membutuhkan dana cukup besar.

Dalam sosialisasi tersebut juga hadir Tim Akademisi Universitas Tanjungpura Pontianak yang turut membantu jalannya sosialisasi agar maksud dan tujuan tercapai.

Sosialisasi ini dijelaskan oleh Juanda Astarani selaku dosen akutansi sektor publik Universitas Tanjungpura Pontianak, dimana menjelaskan mengenai Program peningkatan pelayanan kebutuhan air bersih seperti Investasi Instalasi Sumber Air, Investasi Inslatasi Pompa, Investasi Pengolahan Air, Investasi Transmisi Instalasi Distribusi, Program Peningkatan Cakupan Layanan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Rencana Investasi untuk Peningkatan Layanan, Biaya Pengolahan Air Minum.

Selanjutnya dijelaskan kenapa perlu dilakukan penyesuaian tarif, diantaranya karena Peningkatan Layanan Memerlukan Investasi, Kenaikan Biaya Dasar, Rata-rata Tarif Saat ini yang Belum Full Cost Recovery (FCR) & Penyesuaian Tarif Terakhir Dilakukan pada Tahun 2014.

Sosialisasi Pelayanan Air Minum ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Pontianak Utara dihadiri peserta dari tokoh masyarakat, ketua RT/RW dan perwakilan masyarakat Kecamatan Pontianak Utara. (HUMAS PERUMDAM TK)