Contact WhatsApp

Kontak Utama

  • Jalan Imam Bonjol No.430, Pontianak
  • +62 561 769999

Kontak Wilayah I

  • Jalan 28 Oktober, Pontianak
  • +62 561 881038

Kontak wilayah II

  • Jalan Kom Yos Sudarso, Pontianak
  • +62 561 774044

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis : 07.30 - 14.00
  • Jumat : 07.30 - 10.00 , 13.00 - 14.00
  • Sabtu - Minggu : Tutup

“Sharing The Planet Keep Our Water Clean”


Air adalah sumber daya alam yang merupakan sumber kehidupan dari semua mahluk hidup. Hal ini telah menjadi fakta mutlak yang tidak dapat dipungkiri, tapi apakah sumber kehidupan tersebut telah kita jaga dan lestarikan untuk generasi selanjutnya?.
Pendidikan di usia dini mengenai pelestarian dan menjaga kebersihan  sumber daya  air menjadi langkah awal untuk menanamkan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kelestarian air untuk menunjang kehidupan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, sungai Kapuas yang menjadi ikon Kota Pontianak merupakan salah satu sumber air baku yang digunakan oleh PDAM Tirta Khatulistiwa yang seterusnya air baku tersebut diolah menjadi air bersih demi memenuhi kebutuhan air masyarakat Kota Pontianak.  
Berkaitan dengan pentingnya menjaga kelestarian kebersihan sungai dan proses transformasi air sungai menjadi air bersih, membawa tema “Sharing The Planet Keep Our Water Clean” siswa kelas 3 dari Sekolah Tunas Bangsa melakukan kunjungan studi ke PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak. Didampingi oleh beberapa guru pembimbing siswa diperlihatkan proses pengolahan air yang dilakukan oleh PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak. Berawal dari proses yang terjadi di INTAKE kemudian tahapan-tahapan pengolahan air yang dilakukan di Instalasi Pengolahan Air(IPA) 4.
Disambut langsung oleh Darma,SH selaku Kepala Laboratorium, selanjutnya siswa diarahkan untuk melihat proses di Intake oleh  Rizky Febriyanti, S.Si selaku staf laboratorium, secara rinci Rizky menjelaskan proses-proses yang dilakukan oleh PDAM dengan istilah yang mudah dipahami. Tak lupa sesekali beliau mengingatkan kepada para siswa agar mencintai lingkungan dengan cara menjaga kebersihan sungai.
Mey sebagai salah satu guru yang mendampingi siswa berharap dengan kunjungan ini siswa-siswa dapat mempelajari proses perjalanan air, dari sumbernya hingga ke rumah mereka masing-masing. Dengan mengetahui begitu banyak tahapan yang dilakukan maka diharapkan siswa tidak boros ketika menggunakan air.